Tips Mengatasi Rambut Rusak, Kusam, Berketombe dan Penyebabnya

4 Maret 2010 at 10:17 am (Cewek Banget)

Memiliki rambut yang rusak, rontok, kusam, tidak bercahaya memang sangat menjengkelkan, namun jangan terburu buru menyalahakn rambut Anda, sebaiknya Anda menganalisa terlebih dahulu sikap Anda terhadap rambut anda, kenapa rambut saya bisa rusak. Oke sahabat klipingku, pertama kita harus mengenali penyebab kerusakan rambut yang sangat umum yaitu: mulai dari terlalu sering mencuci rambut, terlalu sering menyisir rambut, sampai penggunaan hairdryer yang terlalu panas. Selain itu, pemakaian produk penataan rambut pada saat proses bleaching, pengeritingan dan pelurusan rambut seperti rebonding juga bisa jadi penyebab.

Bagi Anda yang suka dengan gaya rambut warna warni, Anda harus mengetahui dulu bahan yang di gunakan untuk mewarnai rambut Anda Aman atau tidak. Karena Zat kimia yang di gunakan dalam proses bleaching pada saat pewarnaan rambut permanen maupun semi permanen, pengeritingan dan pelurusan bisa merusak kultikula rambut.Selain dapat memicu timbulnya ketombe, proses ini juga dapat merusak ikatan protein pada rambut dan membuat struktur rambut menjadi lemah.

Hairdryer juga merupakan faktor penting yang dapat menyebabkan rambut Anda menjadi rusak. Panas yang di tumbulkan hairdryer, bisa merusak kultikula rambut dan mengurangi kandungan air pada rambut sehingga hilang kelembapannya. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan condisioner untuk menjaga kelembaban rambut Anda dan melindunginya.

Faktor Cuara juga dapat menimbulkan rambut anda menjadi rusak, jika rambut anda terlalu sering terkena sinar ultraviolet maka protein yang ada di dalam rambut akan menghilang dan merusak kultikula rambut, karena kondisi rambut ini tergolong sensitif. Menyisir rambut terlalu sering, mengikat rambut terlalu kencang atau mencuci rambut tidak bersih setelah selesai berenang sehingga masih meninggalkan garam atau kaporit di kulit kepala adalah beberapa hal yang berpotensi untuk membuat rambut menjadi rusak.

Berikut ini ada beberapa tips praktis untuk mengatasi rambut rusak Anda.

• Pertama, hindari mencuci rambut setiap hari.
• Kedua, gunakan kondisioner terbaik yang mengandung protein dan humectants (khusus rambut berminyak kondisioner tidak boleh terkena kulit kepala).
• Ketiga, jadikanlah perawatan khusus seperti memakai hair mask 1X dalam 2 minggu untuk memperbaiki kondisi rambut.

Meneteskan serum silicon khusus untuk rambut (bisa diperoleh di salon-salon) juga bisa membantu melembutkan kultikula dan membuat rambut bercahaya.

Namun jika rambut Anda sudah terlanjur rusak, bersabarlah. Tunggu saja tumbuhnya helai rambut baru, dan rawatlah dengan maksimal untuk menjaga kesehatannya.

1 Komentar

  1. dealer pulsa said,

    thanks atas infonya, saya klo 2 hari tidak kramas langsung berketombe banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: