Dr. Ir. Ciputra – Keputusan : Meningkatkan skala BISNIS dengan Bekerja Sama (Partnership) yang lebih luas dan strategis.

10 Maret 2010 at 4:53 pm (Entrepreneur) ()

pc2.jpg

Rupanya Dr. Ir. Ciputra tidak pernah berhenti untuk terus mengembangkan diri. Ketika Dr. Ir. Ciputra berusia hampir 40 tahun (1971) kembali Dr. Ir. Ciputra membuat keputusan historis. ia mengajak 2 temannya yaitu Bpk Ismail Sofyan dan Bpk Budi Brasali kemudia mereka juga mengajak beberapa rekan lain untuk mendirikan PT Metropolitan Development setelah sebelumnya ia mendapatkan ijin dari komisaris PT Pembangunan Jaya. Di grup bisnis yang baru ini Dr. Ir. Ciputra menjadi Presiden Komisaris dan lebih banyak bertindak sebagai inspirator, motivator dan juga inovator. Ia tidak terlibat dalam manajemen sehari-hari atau penuh waktu.

Perusahaan ini telah berkembang pesat di bidang properti, konstruksi, konsultansi, perdagangan dan juga manufaktur. Proyek-proyek Grup Metropolitan Development antara lain Wisma Metropolitan dan Wisma WTC, Mal Metropolitan, perumahan Pondok Indah, Hotel Horison dll. Ada kisah yang menarik tentang kiprah Dr. Ir. Ciputra di grup bisnis ini yaitu bagaimana dengan “modal dengkul otak kreatif” ia berhasil meyakinkan pemodal besar untuk berpatungan dengan PT Metropolitan Development.

Dr. Ir. Ciputra merasakan dalam hatinya bahwa kawasan Pondok Indah akan menjadi kawasan yang sangat berkembang di kota Jakarta. Namun untuk dapat membebaskan ratusan hektar tanah di kawasan ini ia dan kawan-kawannya tidak memilki modal yang cukup. Padahal dalam inspirasi dan imajinasi Dr. Ir. Ciputra proyek itu akan sangat bernilai bila dikembangkan dalam skala kota yaitu perumahan dengan segala kelengkapan kehidupan manusia seperti pusat belanja, perkantoran, fasilitas rekreasi, lapangan olah raga, hotel, fasilitas pendidikan, tempat ibadah dll. Inspirasi dan imajinasi keindahan masa depan memang menggerakkan dan memotivasi tidak heran bila Walt Disney mengatakan: “Tanpa inspirasi…. kita akan binasa”.

Dr. Ir. Ciputra kemudian menyusun rencana ia lalu melakukan pendekatan pada sebuah grup bisnis kuat yaitu Salim Group. Salim Group ternyata menyambut baik ide ini dan mengijinkan Dr. Ir. Ciputra dan kawan-kawannya untuk menjadi pemegang saham tanpa modal yang harus disetor di depan. Mereka diijinkan untuk meminjam uang dari Salim Group yang dibayar kemabli melalui bagian laba yang mereka dapatkan dari penjualan rumah dan kavling di Pondok Indah. Inilah cerita tentang lahirnya PT Metropolitan Kencana pengembang kawasan Pondok Indah dan Puri Indah yang terkenal.

Setelah proyek Pondok Indah maka kelompok usaha properti Metropolitan ini makin berkibar namanya. Tidak hanya diperhitungkan oleh pebisnis besar seperti Salim Group tapi juga oleh pengembang kuat dari luar negeri. Bagaimana kisahnya..? Kembali Dr. Ir. Ciputra melakukan terobosan kreatif dengan menciptakan ide cemerlang apa yang dapat dilakukan di tanah milik grup Metropolitan di jalan Sudirman Jakarta. Gagasan ini disambut baik oleh Salim Group dan pemilik modal dari luar negeri yaitu SP Tao dari Singapore Land dan Henry Keswik dari Jardine Matheson. Apa imabalan ide cemerlang itu…? Kembali Dr. Ir. Ciputra dan kawan-kawannya berhasil mendapatkan pinjaman modal 100% dan juga bagian saham di perusahaan pemilik gedung perkantoran Metropolitan I, Metropolitan II dan WTC (World Trade Centre). Ini adalah sebuah komplek perkantoran yang terkenal di Jakarta. Demikian juga dengan kisah pendirian Hotel Horison Jakarta (Ancol). Pada mulanya adalah gagasan kreatif dan akhirnya pencipta gagasan mendapatkan saham 50% serta pinjaman modal 100% untuk bekerja sama dengan pemilik modal mewujudkan gagasan kreatif.

3 PELAJARAN YANG DAPAT KITA PETIK

1. Seorang Entrepreneur senang mengembangkan usahanya terus menerus. Ia tidak gampang “puas” dengan prestasi yang telah dicapainya.
2. Pemilik modal mau dan berani mempercayakan dananya pada mitra bisnis jujur, kreatif dan handal.
3. Bisnis modal dengkul (tapi pakai otak) bukan mustahil.

1 Komentar

  1. dealer pulsa said,

    Bisnis modal dengkul (tapi pakai otak) bukan mustahil. pernyataan menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: